4 Tips Berpikir Kreatif saat di Kantor

 on Sabtu, 21 Februari 2015  

Sebagian orang menginginkan memiliki banyak ide kreatif, terlebih lagi bagi Anda yang pekerjaannya menuntut untuk selalu memiliki ide-ide baru. Apakah Anda termasuk orang yang sulit menciptakan ide-ide kreatif? Berikut ini solusinya.


Dalam dunia kerja yang ada saat ini jarang sekali diremui seseorang yang melakukan tantangan pada dirinya sendiri. Yang paling banyak adalah tantangan rutin yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawannya. Padahal sebenarnya tantangan rutin itu bisa menjadi alternatif untuk menumbuhkan dan melatih ide kreatif karyawan.

Pada dasarnya manusia memiliki potensi masing-masing dalam dirinya. Begitu juga dengan potensi kreativitas. Kreativitas sama halnya dengan bakat. Ide kreatif butuh diasah dan dilatih sehingga ide-ide akan terus bermunculan. Ada beberapa tips yang sangat dianjurkan agar selalu kreatif dalam pekerjaan.

4 Tips Berpikir Kreatif saat di Kantor


1. Banyak membaca.

Mencari ide adalah mencari sesuatu yang sudah ada dalam ppikiran. Dengan banyak membaca, kita mengisi pikiran dengan bahan-bahan berupa potongan-potongan informasi seperti mengumpulkan potongan-potongan puzzle. Bila rangkaian potongan-potongan puzzle informasi tersebut telah lengkap atau hampir lengkap, maka akan tampak sebuah gambar yang memiliki makna cukup jelas yang dapat berupa ide kreatif.


2. Lakukan analisis tajam.

Langkah selanjutnya tidak berhenti hanya pada membaca, namun Anda juga harus melakukan analisis tajam terhadap apa yang sudah dibaca, dilihat, dan diamati. Analisi tajam ini dapat berupa survei dengan membandingkan antara ide yang sudah ada dengan ide-ide yang baru.

3. Mendengarkan masukan.

Tips selanjutnya adalah berkenan mendengar masukan dari orang lain. Masukan ini dapat berupa keluhan, kritik, dan saran dari siapapun juga. Kalau kita bisa mendengar dan menyaring keluhan, kritik dan saran dari orang lain, tidak jarang terdapat cikal bakal ide cemerlang yang tanpa sengaja mereka sampaikan kepada kita.

Dengan berdiskusi dengan orang lain maka tanpa secara tidak langsung Anda telah melakukan pertukaran ide. Bisa jadi ide yang sudah ada akan semakin lengkap dengan adanya penambahan masukan dari hasil diskusi.

4. Ada tantangan.

Kadangkala sesuatu akan muncul ketika tantangan diberikan. Begitu pula dengan ide kreatif. Tantangan ini bisa berupa tantangan yang sengaja diberikan perusahaan untuk seluruh karyawannya guna menciptakan inovasi dan perkembangan baru bagi perusahaan. Tantangan ini juga bisa dari diri sendiri untuk selalu berinovasi.
4 Tips Berpikir Kreatif saat di Kantor 4.5 5 Unknown Sabtu, 21 Februari 2015 Sebagian orang menginginkan memiliki banyak ide kreatif, terlebih lagi bagi Anda yang pekerjaannya menuntut untuk selalu memiliki ide-ide ba...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Copyright © Wanita Karir. All Rights Reserved.   Theme by Mas Blur