5 Cara Atasi Kecanduan Social Media

 on Senin, 16 Februari 2015  

Hati-hatilah jika pasangan Anda tergolong orang yang punya banyak akun pribadi di berbagai social media (socmed). Belum lagi perilaku pasangan yang ternyata lebih asyik dengan socmednya. Bisa jadi pasangan Anda sedang kecanduan socmed dan hal ini bisa memicu keretakan rumah tangga.
Salah satu gejala umum orang yang kecanduan adalah adanya perasaan gelisah atau khawatir jika tidak berada dengan barang yang dimilikinya. Begitu juga dengan orang yang sedang kecanduan socmed, mereka akan merasa hampa jika tidak memegang gadgetnya, berbahaya buat kehidupan rumah tangga jadinya.

Ketika pasangan sudah kecanduan social media, bukan berarti mereka tidak bisa disembuhkan.

Berikut ini tips agar pasangan tak lagi kecanduan social media.

5 Cara Atasi Kecanduan Social Media


1. Komunikasi efektif.

Dalam memulai komunikasi, pilihlkah suasanan dan waktu yang tepat dengan tidak memperlihatkan kemarahan atu luapan emosi yang berlebih. Hindari mengingatkan pasangan ketika sedang asyik ber-socmed, tunggulah hingga dia istirahat, misalnya ketika menjelang ke peraduan.

2. Ingatkan akan tanggung jawab.

Ingatkan pasangan Anda soal waktu dan pekerjaan lain yang merupakan tanggung jawabnya.

3. Kenali resiko ber-socmed.

Ajaklah pasangan Anda untuk menimbang kembali sisi positif dan negatif ber-socmed, termasuk resiko yang telah ditimbulkannya, misalnya banyak pekerjaan keluarga yang terbengkalai.

4. Bantu mengatasi.

Ketika pasangan sudah bisa diajak berbicara, tanyakan kepadanya apa yang bisa dibantu untuk bisa lepas dari jerat kecanduannya.

5. Buat kesepakatan.

Buatlah kesepakatan yang bisa mendorong perbaikan kualitas waktu ketika bersama, misalnya, aturan ketika di rumah, hindari terlalu lama memegang handphone.
5 Cara Atasi Kecanduan Social Media 4.5 5 Unknown Senin, 16 Februari 2015 Hati-hatilah jika pasangan Anda tergolong orang yang punya banyak akun pribadi di berbagai social media (socmed). Belum lagi perilaku pasang...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Copyright © Wanita Karir. All Rights Reserved.   Theme by Mas Blur