Apakah Masakan Anda Sudah HALAL?

 on Rabu, 18 Februari 2015  

Wanita di dalam rumah tangga kurang lengkap bila tidak bisa memasak, namun dalam hal masak memasak selayaknya tidak hanya nilai gizi dan kelezatan saja yang jadi tolajk ukur keberhasilannya.

Saat ini bahan makanan sudah banyak yang diwajibkan untuk mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI, untuk perusahaan makanan dan bahan makanan juga harus mengikuti standar yang diwajibkan atau yang lebih dikenal dengan sertifikasi food grade, disini selain aman juga halal.


Maka para Wanita sebagai pengendali dapur keluarga mesti waspada.Sesungguhnya esensi dari masakan sangatlah tinggi karena itu adalah sumber energi. Bila masakan itu halal pastinya akan mengalir energy positif bagi penikmatnya, demikian pula sebaliknya.

Makanan dan minuman yang tidak halal tidak hanya memberikan efek atau dampak buruk bagi kita yang mengkonsumsinya di dunia, namun juga di akhirat. Mudah-mudahan kita semua terhindar dari makanan dan minuman yang haram.

Ada beberapa cara untuk menilik apakah masakan Anda sudah halal adalah :

Tidak Mengandung Komposisi Bahan Masakan yang Tidak Halal

Makanan atau minuman yang dibuat dari bahan yang haram tentu saja menjadi tidak boleh dimakan atau diminum oleh orang Islam. Contohnya seperti misalnya kue ulang tahun yang dibuat dengan bahan ruum yang mengandung alkohol dan mie ayam yang menggunakan minyak babi.


Tidak Diproses Dengan Alat Masak yang Dibuat Dari Bahan Tidak Halal

Suatu makanan menjadi tidak boleh dimakan orang muslim dan minuman menjadi tidak boleh diminum orang muslim jika saat membuatnya menggunakan alat yang dibuat dari bahan yang haram. Misalnya seperti air minum dalam kemasan yang menggunakan filter dari tulang babi saat proses filtrasi air dan es teh manis yang diaduk-aduk dengan sendok yang terbuat dari tulang anjing.

Tidak Menggunakan Bahan Pembungkus / Kemasan yang Tidak Halal

Bungkus makanan yang bahan pembuatannya berasal dari bahan yang tidak dihalalkan dalam ajaran Islam tidak boleh dipakai untuk membungkus makanan yang ditujukan bagi orang Islam. Dikhawatirkan makanan atau minuman yang dibungkus dengan kemasan yang tidak halal bisa mengkontaminasi makanan atau minuman yang tadinya halal menjadi tidak halal.

Tidak Didapat dengan Cara yang Tidak Baik Sehingga Menjadi Tidak Halal

Walaupun secara umum terlihat halal karena tidak mengandung unsur-unsur yang haram, suatu makanan atau minuman bisa menjadi tidak halal jika didapat dengan cara yang tidak benar. Contohnya yaitu seperti makanan yang didapatkan dengan cara mencuri atau minuman yang dibeli dengan uang yang didapat dari pekerjaan yang dilarang oleh agama Islam.

Tidak Dicampur Sesuatu yang Diharamkan untuk Dikonsumsi

Pada saat memasak makanan atau minuman jangan sampai dicampur atau dicemari oleh sesuatu yang haram agar tetap terjaga kehalalannya. Misalnya minuman kopi yang dioplos dengan minuman keras yang memabukkan.
Apakah Masakan Anda Sudah HALAL? 4.5 5 Unknown Rabu, 18 Februari 2015 Wanita di dalam rumah tangga kurang lengkap bila tidak bisa memasak, namun dalam hal masak memasak selayaknya tidak hanya nilai gizi dan kel...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Copyright © Wanita Karir. All Rights Reserved.   Theme by Mas Blur