Saat Pasangan Membatasi Karir

 on Kamis, 19 Februari 2015  

Banyak pasangan yang memutuskan untuk sama-sama berkarir. Namun, bagaimana jika suatu ketika, pasangan malah membatasi karir yang sudah kita bangun? Hal ini tentu akan membuat Anda tidak nyaman, namun demikian, harus ada komunikasi yang efektif dan tidak emosional untuk menyelesaikannya.

Pada saat berumah tangga, tentu Anda dan pasangan harus mempunyai komitmen-komitmen tertentu untuk mengurus keluarga. Salah satunya adalah mengenai pekerjaan. Dari awal, sudah harus dikomunikasikan, apakah istri diperbolehkan bekerja atau tidak. Komitmen awal inilah yang nantinya akan menjadi patokan dalam menjalankan rumah tangga.
Jika komitmen yang sudah disetujui itu dijalankan bersama, maka mudah-mudahan keluarga akan berjalan harmonis.

Seiring dengan berjalannya waktu, terkadang ada masalah yang harus dihadapi. Salah satunya adalah ketika pasangan Anda membatasi karir Anda. Banyak faktor yang menyebabkan suami membatasi karir istri.

Pembatasan ini bisa didasari oleh ego seorang kepala rumah tangga, karena takut karir istri akan lebih sukses. Atau bisa juga karena pasangan Anda ingin melindungi dan menjaga Anda.

Pemahaman Makna

Karena itu, Anda harus memahami terlebih dahulu, apa makna dari membatasi atau pembatasan itu. Harus adaproses penyamaaan persepsi mengenai makna membatasi. Bisa jadi suami yang bermaksud menjaga Anda agar tidak terlena dengan pekerjaan dan dapat menjalankan peran di dalam keluarga dengan baik.

Si istri malah berpersepsi bahwa pasangan telah membatasi karir.

Karena itu, perasaan dibatasi bisa saja muncul karena hal itu, persepsi yang tidak sama. Lalu apa sebenarnya definisi membatasi sesungguhnya? Jika apa yang diputuskan oleh pasangan Anda keluar dari koridor komitmen awal Anda, maka bisa saja itu disebut membatasi.

Ada 2 Pembatasan

1. Pembatasan positif.
Misalnya ketika suami membatasi karir dengan alasan untuk memanage keluarga agar harmonis. Mungkin saja si suami menganggap jika karir istri terus menanjak, maka istri akan susah mengatur waktu dan akan membuat tugas keluarganya terbengkalai.

2. Pembatasan Negatif.
Pembatasan negatif ini biasanya hanya didasari oleh ego saja. Ego seorang suami yang takut jika istri akan lebih sukses, akhirnya ia membatasi karir istri agar ia tidak merasa inferior.

Yakinkan Suami

Lalu, jika suami sudah mulai membatasi, maka harus ada langkah yang harus dilakukan.

Pertama, saat suami mengatakan atau menyampaikan bahwa ia keberatan dengan karir Anda, maka sebaiknya Anda jangan langsung membantah. Biasanya saat-saat seperti itu, suami Anda dalam keadaan emosi. Saat emosi, alasan apa saja yang Anda sampaikan tidak akan masuk akal bagi pasangan Anda.

Sebaiknya pause dahulu, carilah waktu yang tepat untuk mengkomunikasikan semua, tenangkan diri Anda terlebih dahulu.

Selanjutnya, jika Anda sudah menemukan waktu yang tepat, Anda baru bisa menyampaikan alasan Anda. Yakinkan dan tunjukkan pada suami bahwa karir dan kerja kerasnya itu dilakukan untuk keluarga. Jangan lupa untuk tetap menghargai suami Anda walau Anda sukses di luar rumah.
Saat Pasangan Membatasi Karir 4.5 5 Unknown Kamis, 19 Februari 2015 Banyak pasangan yang memutuskan untuk sama-sama berkarir. Namun, bagaimana jika suatu ketika, pasangan malah membatasi karir yang sudah kita...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Copyright © Wanita Karir. All Rights Reserved.   Theme by Mas Blur